Sabtu, 28 November 2009

0 Pengenalan Internet Dasar


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!
Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.( definisi dari wikipedia)

Email

Surat elektronik (disingkat ratel, ratron, surel, atau surat-e) atau surat digital atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris "e-mail atau email" (ejaan Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet.

Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

Cara Membuat email

contoh kita kali ini menggunakan email yahoo dan google.

  1. masuk ke ymail.com ymail.com atau untuk google kita menggunakan
  2. kemudian tekan sign up
  3. isi form yang telah disediankan diantaranya nama depan, nama belakang, tempat dan tanggal lahir,dsb
  4. kemudian pilih nama email yang sesuai dengan keinginan anda dan juga passwornya.( ingat, nama email dan passwor usahakan merupakan istilah atau angka- angka yang sudah diluar kepala anda) karena hal ini akan memudahkan kita untuk mengingat-ingat.
  5. jangan lupa isi question scurity dan juga code yang akan nampak di kotak paling bawah.
  6. dan yang terakhir, centang kotak "Do you agree" dan Creat My account. selesai
Dengan e- mail kita bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan software internet diantaranya Chating, Facebook, Friendster, masuk ke Forum, Bloging,dan juga comment di blog temen-temen yang sudah memaparkan dan mempostingkan tulisannya di blog atau websitenya.

Chating
yang paling umum digunakan para chatter Indonesia sementara ini adalah YM atau yahoo messenger. karena software ini cukup mudah digunakan, ringan dibandwith, dan fasilitasnya yang sangat menggiurkan. diantaranya instan messege, camera, voice.
bagi temen- temen yang belum bisa chating dengan YM, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload softwarenya di yahoo.com atau di yahoo.co.id atau masih kesulitan klik disini dan untuk versi offlinenya klik disini.

langkah selanjutnya silahkan di instal sofwarenya, doble click di software hasil download ikuti petunjuknya sampai FINISH. setelah finish silahkan temen-temen buka di start menu - all program - yahoo messenger- klik disana. setelah tampil masukkan email yang anda buat tadi beserta passwordnya, lalu tekan sing in.

untuk menambah teman anda cari menu add kemudian masukkan email yahoo teman anda tekan Next kemudian Finish. maka teman yang anda add tadi emailnya akan masuk didaftar nama teman-teman anda.

untuk mengirim Instan Messege ke teman anda, doble click ID yang akan anda ajak ngobrol. kemudian ketik kata-kata anda di box yang bawah, kalau dianggap cukup klik send atau tekan enter di keyboard.



0 komentar: